Laman

Jumat, 02 Oktober 2015

Hari Batik Nasional, Batik Indonesia Makin Di Kenal Seluruh Dunia


Hari Batik Nasional 2015

JAKARTA - Setiap 2 Oktober, Indonesia memeringati Hari Batik Nasional. Lalu, bagaimana sih sejarahnya? 
Bangsa Indonesia harus bangga dengan kekayaan budaya yang dimiliki, Batik menjadi salahsatu icon bangsa Indonesia di mata International. Tanggal 2 Oktober 2015 jumat merupakan Hari Batik Nasional.
2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional berawal pada tahun 2009, Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan UNESCO yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Batik Indonesia di UNESCO di masukan kedalam daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia, namun apakah yang dimaksud Hari Batik Nasional itu ?

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. dikutip dari wikipedia.org.

Pada tanggal 2 oktober ini, seluruh masayarakat Indonsia baik pegawai negeri, swasta, bahkan pelajar disarankan untuk mengenakan pakaian Batik.

Hari Batik Nasional 2015 ini bertepatan dengan hari Jumat, yang di hari jumat memang biasanya instansi pemerintah, BUMN dan swasta menggunakan seragam Batik.
 Sebagai apresiasi atas pengakuan internasional terhadap batik, pemerintah menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Setiap tanggal itu, semua kalangan masyarakat akan memilih batik sebagai pakaian pembungkus tubuhnya.

Tak dipungkiri, batik tak cuma digemari warga Indonesia. Helai kain penuh motif itu juga mewabah di sejumlah belahan dunia.

Batik memang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia, hampir disetiap daerah kita bisa menemukan batik dengan ciri khas masing-masing. Beberapa daerah dikenal sebagai penghasil batik, oleh karena itu kini kita mengenal yang namanya Batik Solo, Batik Yogyakarta, Batik Betawi, Batik Cirebon, Batik Pekalongan, Batik Madura, dan Batik Bali.

Beberapa selebriti dunia pun mengenakan motif cantik batik asal Indonesia. Salah satunya artis cantik Jessica Alba yang sempat terlihat mengenakan gaun bermotif parang gringsing yang dipercaya sebagai penolak sakit.

Selain Jessica, ada juga Reese Witherspoon, Heidi Klum, David Becham, Jackychan dan Dakota Fanning juga pernah tertangkap kamera mengenakan kain dengan motif batik.

Selamat Hari Batik yaaa...!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar